10 Hal yang Saya Ketahui Tentang Alux Maya di Riviera Maya, Meksiko

[ad_1]

Saya baru saja kembali dari menghabiskan satu bulan di Semenanjung Yucatan, Meksiko. Ini adalah perjalanan yang luar biasa dan saya menemukan diri saya menggali beberapa hal menarik saat saya berada di sana.

Perlombaan orang-orang kecil yang disebut Aluxob (Yang tunggal adalah Alux) tinggal di hutan dan cenote dari Yucatan. Anda menganggap saya berbicara tentang cerita rakyat kuno? Aku tidak terlalu yakin…

Saya memiliki beberapa pengalaman pribadi dengan satu sekitar 4 tahun yang lalu di rumah saya di Puerto Aventuras (sebuah kota di pantai di Riviera Maya) dan saya ingin menggali pengalaman sedikit lebih dalam. Jadi saya mewawancarai Maya lokal untuk melihat apa yang mereka katakan.

Biarkan saya memberi tahu Anda pengalaman saya terlebih dahulu:

Aku tinggal di sebuah kondominium yang bagus di samudera dan anak perempuanku, Sarah, dan pacarnya, Javier, tinggal bersamaku. Beberapa hal aneh terjadi di rumah.

  • Di tengah malam, aku berulang kali mendengar seseorang meneriakkan namaku tepat di telingaku dan itu membangunkanku dan praktis mengirimku melalui atap. Sarah dan Javier mengalami hal yang sama.

  • Blender dan peralatan kecil lainnya menyala di tengah malam.

  • Sambil berjalan menyusuri lorong, aku akan merasakan tamparan di kakiku tepat di atas pergelangan kaki.

Semua ini aneh, tapi tidak terlalu menyusahkan (Kecuali terbang keluar dari tempat tidur untuk mematikan blender di tengah malam. Aku benci adrenalin itu.) Anak-anak itu mengalami semua yang aku alami dan beberapa kali Javier berkata, "Kau punya sebuah alux. "

Tentu saja saya tidak menganggapnya serius.

Sampai jejak kaki muncul di aula.

Aula ini menuju kamar putri saya. Kamar tidur saya berada di sisi lain rumah. Ketika saya bangun pagi-pagi sekali dan berjalan melewatinya, saya melihat air di lantai ke kamar putri saya. Kupikir Sarah sudah mandi dan menetes sepanjang jalan di lorong. Lantainya bisa sangat licin, jadi aku mulai mengingatkannya untuk tidak meneteskan air ke mana-mana, tetapi begitu aku melangkah ke lorong, aku melihat bahwa itu bukan hanya air yang menetes, itu adalah jejak kaki basah yang kecil.

"Sudah saya katakan, Anda punya alux,"kata Javier.

BAIK. Saya percaya.

Kemudian saya pergi ke teman dekat saya, Crescent. Dia berasal dari Kanada dan juga tinggal di Riviera Maya di Meksiko dengan suaminya Maya. Mereka memiliki toko selam. Aku bertanya pada Crescent apakah dia tahu sesuatu tentang itu alux. Dia bilang dia tidak tahu tapi dia akan bertanya pada suaminya, William.

"Oh ya," (Bayangkan mendengar ini dengan cara berlarut-larut) kata William.

Dan kemudian dia menceritakan tentang bagaimana para nelayan melihat jejak basah yang kecil di kapal mereka di pagi hari. Pikiran Anda, saya telah menyebutkan apa-apa tentang jejak kaki basah di aula saya.

BAIK. Jadi sekarang saya yakin sebuah alux adalah makhluk nyata, bukan hanya mitos. Tapi apa sebenarnya IS an alux?

Masukkan perjalanan terbaru ini dan banyak wawancara.

Saya menemukan ketika pertama kali saya bertanya kepada penduduk setempat apakah mereka tahu tentang itu alux, mereka enggan mengatakan apa-apa. Tetapi setelah saya berbagi cerita saya, mereka menjadi animasi dan sangat terbuka. Beberapa cerita bersama mereka sendiri dan beberapa berterima kasih kepada saya karena telah berbagi dengan saya. Rupanya, bahkan berbagi cerita dianggap sebagai hal yang mulia dan saya senang menjadi bagian dari itu. Juga, saya ingin mencatat bahwa saya memiliki percakapan ini dalam bahasa Spanyol. Sebagian besar dari orang-orang ini berbicara Maya. Mereka semua berfungsi setiap hari dalam bahasa Spanyol, dan kebanyakan dari mereka berbicara bahasa Inggris yang terbatas. Berbicara dalam bahasa Spanyol, saya percaya, menghibur mereka dan mendorong mereka untuk berbagi dengan lebih bebas.

Hal-hal yang saya temukan:

1 Alux tinggal di seluruh semenanjung, tetapi kebanyakan di hutan. Tidak banyak yang tinggal di kawasan wisata Quintana Roo di tepi pantai (umumnya dikenal sebagai Riviera Maya). Perkebunan dan desa-desa tua di negara bagian Yucatan dipenuhi dengan mereka. Mereka dianggap sebagai penjaga hutan.

2. Mereka adalah orang-orang kecil, tingginya sekitar 18 inci. Saya telah membaca secara online tentang kemampuan mereka untuk berubah menjadi binatang, tetapi tidak ada penduduk setempat yang menegaskan hal ini. Mereka, bagaimanapun, mengatakan bahwa mereka bersembunyi di bebatuan dan cenote dan beberapa mengatakan mereka dapat mengubah bentuk dan benar-benar membuat diri mereka tampil sebagai batu.

3. Sebagian besar waktu mereka tidak terlihat oleh kita, tetapi kadang-kadang mereka terjebak dalam bentuk alami mereka.

4. Ketika ditanya apakah mereka roh atau jasmani, orang-orang menjawab bahwa mereka bukan. Mereka AIR. Ini sangat menarik dan saat ini saya mencoba untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini. Orang-orang juga mengatakan mereka ALAM atau ALAM. Apakah ini berarti mereka adalah makhluk elemental (api, udara, bumi, air)? Saya juga mendengar cerita tentang bentuk manusia yang dibuat dari air (disebut a Kanan Sayab yang secara harfiah berarti penjaga hutan tetapi juga dianggap sebagai penjaga mata air) berjalan melalui reruntuhan di Coba. Wow … begitu banyak untuk dilacak!

5. Mereka suka bermain. Kadang-kadang orang Maya menemukan mainan kecil yang tertinggal di sekitar rumah. Jika mereka tidak senang mereka melempar batu kecil atau kadang memukul Anda.

6. Jika mereka senang mereka akan menjaga rumah atau pertanian Anda (milpa). Mereka bisa sangat baik dan membantu jika dihormati dengan benar.

7. Petani membangun rumah bagi mereka untuk menjaga mereka di ladang mereka. Itu alux akan menjaga keempat penjuru yang diajukan dan jika seseorang datang untuk mencuri apa pun, mereka akan mengelilingi perampok sehingga dia tidak dapat melarikan diri.

8. Di Kosta Rika mereka dipanggil duende.

9. SANGAT COOL STORY. Kota Cancun sedang membangun jembatan baru di luar bandara dan terus runtuh. Orang-orang Maya lokal pergi ke kota dan memberi tahu mereka bahwa mereka punya alux. Jadi kota itu menyewa seorang dukun Maya untuk menghubungi alux dan cari tahu apa yang harus dilakukan. Itu alux mengatakan itu menginginkan sebuah rumah, sehingga kota dibangun menjadi indah alux rumah dalam bentuk piramida di bawah jembatan. Kemudian mereka dapat menyelesaikan pekerjaan di jembatan. Masih berdiri hari ini tanpa masalah dan rumah piramida ada semua menyala di malam hari dan indah bagi semua orang untuk melihat saat mereka keluar dari bandara dan ke pantai strip berlibur.

10. Jika Anda memiliki alux di rumah Anda dan Anda ingin pergi, Anda (atau sebaiknya seorang dukun Maya, yang disebut a J-Man) dapat melakukan upacara dengan tumbuhan dan tanaman (saya berharap untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini) termasuk membakar kemenyan yang terbuat dari resin pohon kopal.

Saya memiliki lebih banyak pertanyaan tentang alux. Saya telah membaca mereka berpakaian seperti Maya kuno. Beberapa orang yang saya wawancarai telah melihat mereka atau memiliki cerita tentang anggota keluarga yang telah melihat mereka. Saya lupa menanyakan apa yang mereka kenakan, tetapi saya akan kembali dan melihat apakah saya bisa melacaknya. Saya juga ingin tahu lebih banyak tentang sifat mereka. Apa artinya itu UDARA?

Dalam wawancara saya, saya juga mendengar cerita tentang makhluk berbeda yang disebut gnome (diucapkan dalam bahasa Spanyol nome-es) Mereka digambarkan sebagai lebih besar dari alux, memiliki tanduk, memiliki sifat tidak menyenangkan, membawa pisau, menyebabkan anak-anak saling menyakiti dan berdebat, memakai warna hitam sombreros, dan perlu digusur dengan cara upacara yang dilakukan termasuk Alkitab. Saya bertanya-tanya, apakah mereka juga udara atau apakah mereka bumi?

Kami memiliki begitu banyak hal untuk dipelajari.

Tepuk tangan

Laura

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *