Blokade dan Marches di Oaxaca, Meksiko: Ini Aman, Tapi Kata-kata Peringatan untuk Warga dan Turis

Edisi 2016 persatuan guru pawai, blokade dan protes di negara bagian Oaxaca, Meksiko selatan, dimulai tanggal 15 Mei. Ini adalah tradisi yang dimulai pada tanggal yang sama setiap tahun. Dan sama seperti jam kerja, pertanyaan-pertanyaan di media sosial yang diajukan oleh calon wisatawan ke wilayah itu bertahan, tentang keselamatan, dan lebih umum menyangkut kelayakan yang berkaitan dengan perjalanan ke Oaxaca.

Selama seperempat abad terakhir, saya hanya membaca dua pengunjung non-Meksiko ke kota Oaxaca dan lembah-lembah pusat negara yang telah dirugikan sebagai akibat terlibat dalam protes, pawai, dan / atau blokade yang diprakarsai oleh salah satu guru, atau anggota serikat pekerja atau kelompok kepentingan lainnya. Mengunjungi Oaxaca pada dasarnya selalu aman (relatif menjadi turis di kota manapun dengan ukuran sebanding di negara berkembang), bahkan setelah tempat para guru & # 39; pemogokan dan pendudukan alun-alun pusat kota atau zócalo, dan blokade dan pawai terkait. Apa yang lebih penting, bagaimanapun, adalah memahami bahwa konstitusi Meksiko menghalangi orang asing untuk berpartisipasi dalam proses politik, dan memungkinkan pemerintah untuk mengusir orang non-Meksiko hampir seketika.

Berikut ini adalah esensi dari Pasal 33 Konstitusi:

Sementara orang asing berhak atas jaminan yang diberikan kepada orang-orang Meksiko, eksekutif federal memiliki kekuatan eksklusif untuk memaksa orang asing yang dianggap tidak pantas untuk meninggalkan negara tanpa mengharuskan tindakan hukum sebelumnya. Orang asing tidak boleh berpartisipasi dalam urusan politik Meksiko.

Meskipun tampaknya bahwa ketentuan ini jarang ditegakkan, intinya adalah bahwa hal itu dapat terjadi. Jika Anda menggosok orang atau komunitas yang salah dengan cara yang salah, pihak berwenang dapat diidentifikasi dan Anda dapat dihapus dari negara itu, dengan uang receh. Beberapa tahun yang lalu seorang warga Amerika di Teotitlan del Valle (yang dikenal sebagai desa permadani), tiba-tiba hilang, setelah diusir dari Meksiko. Saya tidak ingat keadaan tepatnya, dan tidak pernah belajar alasan resmi bahwa dia diberitahu dia harus pergi. Yang saya tahu adalah bahwa ia memiliki pekerjaan sesekali di lembah-lembah pusat negara bagian; Saya secara berkala akan melihatnya bekerja di outlet ritel mezcal pada hari Minggu di pasar Tlacolula de Matamoros.

Berjalan di sepanjang pawai bermotif politik, atau bahkan berkeliaran di blokade untuk tujuan mengobrol dengan anggota serikat atau kelompok masyarakat dapat menimbulkan konsekuensi yang merugikan. Memang, menggunakan Pasal 33 untuk menendang seseorang keluar dari Meksiko jarang terjadi, tetapi itu bisa terjadi.

Orang tidak pernah tahu kapan protes damai akan turun ke konflik kekerasan.

Banyak yang masih ingat kematian seorang videografer Amerika 2006 yang memilih untuk menyematkan diri dengan para demonstran. Pada suatu saat dalam kesialannya, dia jelas menyadari bahwa di sisi lain ada polisi / tentara bersenjata. Meski agaknya tidak disengaja, selama konflik ia ditembak mati oleh pegawai atau pegawai pemerintah. Dia memilih untuk menempatkan dirinya di tengah kekacauan politik. Jangan lakukan itu.

Insiden lain, juga dalam konteks kerusuhan sipil tahun 2006, adalah turis yang secara tidak sengaja disemprotkan lada sebagai konsekuensi dari memilih untuk berjalan bersama para demonstran sehingga dia dapat merekam prosesi pemrotes dan / atau merekam konflik konfidensial. Setidaknya dalam satu laporan media dia menolaknya karena berada di tempat yang salah pada waktu yang salah, dan sepengetahuan saya dia tidak mengambil langkah untuk menindaklanjuti dengan mengajukan keluhan.

Para pengunjuk rasa, pengunjuk rasa, dan blokade di bagian Meksiko ini dapat menjadi agresif dan bahkan melakukan kekerasan dengan sedikit provokasi. Pada bulan Januari 2015, saya mencoba meninggalkan kota untuk hari itu, di dalam kendaraan saya, ketika saya melihat sebuah blokade terbentuk. Ada cukup ruang untuk mobil saya untuk melanjutkan antara dua kendaraan yang telah ditempatkan secara strategis di sepanjang jalan untuk tujuan menghalangi kendaraan lain untuk melewatinya. Baik panitia belum selesai menyiapkan blokade, atau mereka telah melakukan pekerjaan yang buruk, karena itu akan sangat mudah bagi saya untuk bertahan. Saya mencoba untuk melakukannya, dimana pengunjuk rasa segera berdiri di depan mobil saya. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya hanya ingin meninggalkan kota. Dua orang lainnya mulai menendang pintu sisi pengemudi saya, lalu yang lain (atau salah satu dari keduanya) tiba-tiba menekan sisi kiri wajah saya melalui jendela yang terbuka. Kacamata saya terbang. Pada akhir hari aku sakit, dengan mata hitam. Tetapi saya kemudian menyadari bahwa itu adalah kesalahan saya sendiri. Sejak itu saya bergabung dengan barisan orang-orang yang lemah lembut, teman-teman Oaxacan yang lebih bijak.

Untuk sebagian besar dari kita dengan usia datang kebijaksanaan. Untuk sebagian besar dari kita dengan usia kita mulai bersandar sedikit ke kanan, bahkan kita yang dibesarkan di era kontra-budaya tahun 1960-an. Serahkan pada orang-orang Meksiko untuk mengubah tatanan sosial-politik dan ekonomi. Meskipun kami memiliki niat baik, kami harus mengingat hal-hal berikut:

• Orang-orang non-Meksiko mengunjungi atau tinggal di negara tersebut atas dasar rahmat dan dengan izin pemerintah;
• Berada di Meksiko adalah hak istimewa, bukan hak;
• Sebanyak mungkin kita ingin benar apa yang kita rasakan sebagai kesalahan, atau menunjukkan dukungan kita, setiap langkah yang ditujukan untuk melakukan itu dapat memiliki konsekuensi yang mengerikan dan bertahan lama.

Sebanyak yang saya suka percaya bahwa saya tahu apa yang terjadi pada tingkat yang sama seperti teman-teman saya yang asli Oaxacan, compadres dan koleksi, saya mungkin tidak, terlepas dari kenyataan bahwa saya telah tinggal di Meksiko selatan selama lebih dari satu dekade. Dan bahkan jika saya melakukannya, aturan praktis yang baik, aman dan bijaksana adalah dengan tenang berjalan, atau mengemudi, dengan cara lain. Saya menghargai kemampuan saya untuk terus hidup damai di Oaxaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *