Fakta Registrasi Domain yang Perlu Anda Ingat

Registrasi domain adalah aspek penting dari bisnis, membantu orang untuk mulai membangun kehadiran online mereka. Dari memilih nama domain untuk situs Anda untuk membelinya di registrar domain – itu cukup mudah, jika Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Baca terus untuk beberapa wawasan untuk membantu Anda memulai dengan langkah yang tepat.

Dasar-dasar yang perlu Anda ketahui

Nama domain Anda dapat ditemukan di URL alamat web Anda. Sederhananya, itu adalah nama yang ditunjuk yang Anda gunakan untuk mengarahkan pengguna ke situs Anda, seperti mysite.com. Setiap nama domain yang ditemukan di internet itu unik dan tidak ada dua nama yang sama.

Pendaftaran biasanya berdasarkan siapa yang pertama datang, pertama-dilayani. Nama domain dapat didaftarkan dengan ekstensi tingkat atas yang berbeda, dengan yang paling umum adalah .com, .net dan .org. Lainnya termasuk .info, .asia, dan banyak lagi.

Nama domain dan hosting web

Setelah Anda mendaftarkan nama domain Anda sendiri, Anda harus beralih ke langkah berikutnya untuk memiliki situs web. Ini memerlukan mencari layanan yang memungkinkan Anda memiliki cukup ruang dan bandwidth untuk menyimpan data Anda dan membuat situs Anda dapat diakses oleh audiens Anda.

Web host menyediakan server serta koneksi dan pemeliharaan. Setelah Anda mengunggah situs web Anda ke server, Anda kemudian dapat mengonfigurasi email Anda melalui panel kontrol online.

Pendaftaran

Registrasi domain adalah proses yang cukup mudah. Anda menuju ke registrar domain online, ketik nama domain yang Anda pilih di bidang pencarian mereka, dan periksa apakah nama tersebut masih tersedia. Jika ya, Anda dapat melanjutkan pendaftaran dengan memberikan informasi yang diperlukan dan kemudian melakukan pembayaran.

Jika nama domain sudah diambil, Anda mungkin akan melihat beberapa saran tentang TLD berbeda yang dapat Anda pilih untuk membantu Anda memutuskan. Anda juga dapat menemukan nama alternatif untuk situs Anda.

Pembaruan

Nama domain memiliki tanggal kedaluwarsa sendiri, tergantung pada jumlah tahun Anda mendaftarkannya. Pendaftar yang berbeda memiliki kebijakan berbeda selama periode perpanjangannya, termasuk masa tenggang. Biaya yang berbeda juga berlaku.

Ketika pemilik gagal memperbarui nama domain mereka pada waktunya, sering mengakibatkan hilangnya bisnis dan pelanggan dengan cara yang sangat merusak. Mereka kehilangan akses ke data mereka dan tidak dapat menggunakan situs web dan email yang terkait dengan nama domain.

Pendaftar juga menawarkan layanan perpanjangan otomatis untuk memastikan pemilik tidak lupa memperbarui nama domain mereka tepat waktu.

Transfer

Untuk transfer domain, ICANN menempatkan domain dalam kunci transfer 60 hari jika ada perubahan yang dibuat dengan nama pendaftar, email, atau perusahaan. Email akan dikirim ke pendaftar baru dan lama untuk memberi tahu mereka tentang transfer.

Kunci untuk berhasil di permainan domain Anda adalah memilih yang terbaik daftar domain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan fakta-fakta ini, ambil langkah maju dan daftarkan nama domain Anda sendiri dengan cara yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *