Melalui Copper Canyon Meksiko Dengan Chihuahua Al Pacifico Railroad

[ad_1]

saya

Jalan-jalan di Chihuahua tampak berwarna hitam, lempengan-lempengan yang tidak bergerak ketika van tanpa hambatan tergelincir saat itu pada pukul 05.30 ke stasiun kereta api, bukan satu mobil yang ditemukan selama perjalanan singkat dari Hotel San Francisco. Didirikan pada tahun 1709 oleh orang-orang Spanyol dan mengambil kata India untuk "tempat kering dan berpasir" sebagai namanya, Kota Chihuahua, yang terletak di padang gurun seluas 4.667 kaki, adalah ibu kota Chihuahua, negara bagian terbesar di Meksiko, dengan luas 150.000 persegi. daerah mil. Kota koboi, dicirikan oleh Katedral Fransiskan di alun-alun utamanya, rumah Pancho Villa, warga berbaju topi koboi, dan toko-toko yang memajang barisan sepatu bot koboi yang tak ada habisnya. Negara itu sendiri, secara topografis dibedakan oleh coklat, formasi vegetasi-kurang, adalah produsen utama apel, kenari, kapas, dan jalapeno lada, dan lazim dalam produksi kayu dan peternakan. Komunitas Mennonite agraris menghasilkan jenis keju asli sendiri.

Di depan, dan di luar pagar, muncul dua lokomotif dan empat mobil penumpang yang terang yang terdiri dari Chihuahua Al Pacifico Railroad yang menuju ke barat, beroperasi sebagai Train 74, dibuai oleh salah satu dari tiga trek saat itu dipersiapkan untuk keberangkatannya yang masih nokturnal ke Copper Canyon dan, akhirnya, ke terminal pantai Pasifik, Los Mochis. Saya hanya akan melakukan perjalanan setengah hari ini, ke Posada Barrancas.

Terminal kecil yang terbuat dari kayu dan bangku, yang hanya memiliki sedikit lebih dari dua jendela tiket-'tequillas 'dalam bahasa Spanyol — hampir sama tidak ada kehidupannya, kecuali petugas di balik jendela yang diikat dan tiga penumpang yang sedang berjalan-jalan.

Lima belas menit sebelum keberangkatan 0600, pintu ke platform dibuka dan segelintir penumpang keluar melalui itu, kembali terkena dampak oleh dingin, pagi yang gelap dan bertemu dengan kondektur, yang menunjukkan nomor kursi penumpang. Yang pertama dari dua mobil penumpang, dikonfigurasikan dengan 68 kursi yang tebal dan bersandaran dalam susunan empat-dua, dua-dua, dan alternatif berlapis merah-abu-abu atau kusam, dilengkapi dengan rak bagasi di atas mobil panjang, panel jendela yang bisa disetel. tirai, dan buruan, toilet pria dan wanita. Mobil yang remang-remang itu, menyejukkan mata di pagi hari yang belum terbuka, menyambut saya dengan hangat, kehangatan yang dihasilkan pemanas, seperti yang dibuktikan oleh dengungan tetap terdengar sebelum naik.

Reaksi berlarut-larut, ketika kopling menyambar mobil trailing, menghasilkan sentakan awal ketika rantai dimulai gerakan. Merayap melewati jalan-jalan yang masih gelap dan kosong, kereta meluncur di atas rel perak, yang melewati pinggiran Chihuahua, yang tampaknya menjauh dari hari ke hari bahkan telah tiba.

Beroperasi di atas rel kereta api yang diperkirakan panjang antara dataran subur Chihuahua dan pantai barat Meksiko untuk mengangkut barang ke pelabuhan Topolobambo untuk ditransfer ke rute pelayaran, Chihuahua al Pacifico Railroad menelusuri asal-usulnya ke Albert Kinsey Owens, seorang Amerika insinyur kereta api, yang pindah ke Meksiko pada tahun 1861 dan membuat koneksi Chihuahua-Topolobambo. Membentuk perusahaan Meksiko-Amerika dua tahun kemudian untuk mendesainnya, ia dianugerahi kontrak oleh pemerintah Meksiko untuk membangun jalur kereta api antara Piedras Negras dan Topolobambo yang pada akhirnya akan menawarkan jalur pacu ke Mazatlan, Alamos, dan Ojinaga. Namun, pada akhirnya tidak dapat mengamankan pendanaan yang cukup untuk menyelesaikan proyek, Owens menyerahkannya kepada Foster Higgins, yang Rio Grande, Sierra Madre, dan Perusahaan Kereta Api Pasifik beroperasi di atas 1898-selesai, 259 kilometer bagian antara Ciudad Juarez dan Casas Grandes. Hambatan yang tidak dapat diatasi sama-sama menghalangi perluasan lebih lanjut.

Proyek ini kemudian diadopsi oleh Enrique Creel, yang mengoperasikan Kansas City, Meksiko, dan Orient Railroad dan yang mampu menghubungkan Casas Grandes dengan La Junta lebih lanjut setelah empat tahun pembangunan tambahan, dari tahun 1910 hingga 1914. Tetapi serangan revolusioner menggagalkan penyelesaian lebih lanjut. dari sektor berikutnya, yaitu dari Ojinaga ke Creel.

Pada 1900, Topolobambo terhubung dengan El Fuerte oleh beberapa perusahaan kereta api Meksiko dan AS, tetapi rute yang sepenuhnya dibayangkan, dari Chihuahua ke Ojinaga, tetap sulit dipahami hingga 1927, ketika pemerintah Meksiko sendiri menyelesaikan sektor yang dimulai oleh Creel. Yang tersisa adalah bentangan sepanjang 260 kilometer di dalam ngarai yang hambatan topografinya dan perubahan elevasi 7.000 kaki akan membutuhkan prestasi teknik ekstrim untuk diatasi. Nasionalisasi perusahaan kereta api independen yang beroperasi di kedua ujung jalur yang masih tidak terhubung pada tahun 1940, pemerintah Meksiko mengumumkan 13 tahun kemudian, pada tahun 1953, bahwa program itu akan selesai.

Proyek konstruksi lima tahun yang semula diperkirakan, yang dimulai dengan pekerjaan Owens pada tahun 1863, pada akhirnya membutuhkan waktu 90 tahun dan $ 90 juta untuk menyelesaikannya, jalur terakhir yang tidak ditapaki sampai tahun 1961. Proyek tersebut, setelah mengalami percobaan berulang yang gagal oleh beberapa perusahaan, biaya membengkaknya proporsi yang tak terbayangkan, kegagalan teknis, revolusi Meksiko, dan Perang Dunia I, akhirnya menang dengan koneksi kereta api antara kota tingkat laut Los Mochis dan ibukota dataran tinggi Chihuahua melalui topografi yang kasar dan tidak ramah dari sebuah seri ngarai Sierra Madre Occidental yang dilalui oleh jalur yang menghubungkan jalan mereka melalui 86 terowongan dan lebih dari 37 jembatan, tiga kali melintasi Continental Divide, dan mengalami perubahan elevasi 8.000 kaki dalam prosesnya.

Fajar menyerbu diri pada kegelapan malam sebagai metamorfosis tak berwarna, secara progresif mengungkap rona buram awan. Pinggiran kota Chihuahua menghasilkan kaki bukit coklat-cokelat yang subur dan emas, jerami seperti jerami yang tumbuh sampai ke rel.

Penurunan kecepatan, Chihuahua al Pacifico Railroad berhenti momentumnya di Cuauhtemoc, sekarang 132 kilometer dari asalnya. Awalnya dikenal sebagai San Antonio de Arenales, desa, kemudian mengadopsi nama saat ini setelah kaisar Aztec, menelusuri asal-usulnya untuk kedatangan kereta api pada tahun 1900, tetapi mengalami pertumbuhan yang signifikan sekitar 21 tahun kemudian ketika komunitas Mennonite menetap di sana.

Reinitiating motion, kereta api bergerak di tengah ladang gandum-emas, yang membentang di kedua sisi ke kaki Pegunungan Sierra Madre. Petunjuk pertama dari topografi yang akan datang telah dilirik. Langit, sekarang biru termasyhur, mempertahankan beberapa formasi katun putih yang tersebar.

Aku berjalan ke Dining Car untuk sarapan, makanan pertamaku di rel. Terletak tepat di belakang lokomotif, itu menampilkan dapur depan; empat, bilik empat tempat; sebuah pembagi kaca; dua bilik dua tempat di sebelah kiri dan dipan yang berbentuk c, menghadap ke dalam dengan meja di sisi kanan; pembagi kaca kedua; dan empat, empat tempat bilik. Lampu kuningan yang menempel di sisi mobil tergantung di atas setiap meja. Kursi berganti-ganti antara pelapis merah atau hijau gelap.

Menu dua halaman standar menampilkan menu sarapan, makan siang, dan makan malam yang dapat dibeli. Sarapan saya sendiri termasuk telur dadar ham dan keju, kentang goreng dengan paprika dan bawang, kacang goreng dengan keju parut, dan tortilla dan salsa.

Meninggalkan lembah dan kebun apelnya di mana-mana, Chihuahua al Pacifico Railroad melewati Divide Kontinental untuk yang pertama dari apa yang akan menjadi tiga kali dan sebentar berhenti di La Junta, situs bangsal kereta api, sekarang di ketinggian 6.775 kaki. Setelah keberangkatan, ia memulai pendakian bertahap, meninggalkan dataran Chihuahua.

Menjelang tahun 1030, setelah menempuh sekitar 200 kilometer, Kereta Api 74 melaju melalui daerah hutan pohon pinus Sierra-Madrean saat melintasi ketinggian 7.000 kaki. San Juanito, pada 265 kilometer dari Chihuahua dan pada ketinggian 8.000 kaki, adalah komunitas terdingin di Meksiko, meskipun matahari saat ini bersinar tanpa terhalang. Didirikan pada tahun 1906, seperti banyak desa di sepanjang rute, berakar sebagai akibat dari ekspansi kereta api.

Pada kilometer 551, puncak dari Sierra Madre Occidental tampak di depan.

Terjun melalui Terowongan 4, pada 4.134,8 kaki garis terpanjang dan lokasi penyeberangan ketiga dari Divide Kontinental, Chihuahua al Pacifico Railroad muncul ke jalur ganda-bercabang, berhenti bergerak sementara kereta barang ke arah timur berlalu ke kiri sebelum sebagian mundur ke terowongan dan muncul kembali di garis memacu untuk pendekatannya ke 7,735-kaki Creel. Didirikan pada tahun 1907, selama tahap pertama pembangunan rel kereta api, itu adalah pintu gerbang ke budaya India Tarahumara dan, sebagai komunitas prinsip dalam ngarai yang tepat, dihuni oleh sekitar 5.000 orang. Kegiatan ekonominya saat ini termasuk perdagangan, kereta api itu sendiri, industri kayu, dan pariwisata. Pemberhentian singkat mengizinkan kelompok wisata besar yang memberi tag nama untuk naik ke mobil penumpang yang kosong sebelum kereta itu tiba-tiba mendapatkan kembali momentum dan bergerak melewati alun-alun utama kota dan deretan toko-toko kayu dan rumah-rumah tamu. Mengalihkan diri dari garis memacu, itu bergabung kembali dengan jalur utama untuk perjalanan menembus ngarai.

Ketika rantai empat mobil itu melaju dengan cara seperti dinding batu dan pinus, mesin diesel Ferromex muncul ke depan dan ke kiri atau kanan jendela saat mereka bernegosiasi. Memanjat menuju titik tertinggi garis di penanda kilometer 583, 8,071 kaki Los Ojitos, Kereta 74 mengikuti lintasan berliku, yang terus naik, tunggal, berembus dari udara pinus yang renyah dan api kayu membara yang memasuki kedua ujung mobil di stasiun konduktor.

Pada tahun 1235, kereta itu melewati jalan pinus yang tinggi dan padat dan hamparan ngarai berkarpet menjadi terlihat melalui jendela-jendela kiri; bergerak melalui penanda kilometer 592, ia memulai pendaratan yang curam di atas "el lazo" ketika geometri lintasan dilingkarkan menjadi lingkaran lengkap dan disilangkan kembali.

Mendekati Divisadero pada 1320, sekarang 354 kilometer dari asalnya, dua lokomotif dan empat mobil Chihuahua al Pacifico Railroad bertransisi dari gunung ke topografi canyon dan kecepatan menurun, bergerak melewati rantai mobil pengangkut barang flat yang mendukung kendaraan, dan menghentikan gerakan di stasiun dua jalur. Dilepas untuk berhenti selama 15 menit, patronnya langsung ditelan oleh aktivitas Mekah saat mereka menegosiasikan kios yang berfungsi sebagai pajangan sementara keranjang dan ukiran kayu Tarahumara di India ke Divisadero Overlook, di mana mereka bertemu dengan udara tipis, renyah dan pemandangan panorama Copper, Urique, dan Tararecua Ngarai yang ukuran, kedalaman, dan kemegahannya sangat mempesona dan mempromosikan suasana diam. Garis tipis, mewakili anak sungai ke Sungai Urique, berliku 4.135 kaki di bawah. Formasi geologis itu sendiri adalah hasil lempeng tektonik yang bergeser sekitar 90 juta tahun lalu, sebuah fenomena planet yang kemudian menghasilkan pegunungan di Amerika Utara dan Selatan. Gempa bumi yang tak terbayangkan besarnya akhirnya menghasilkan Laut Cortez antara Baja California dan daratan Meksiko. Ngarai hari ini lebih dalam, lebih hijau, dan empat kali lebih besar dari Grand Canyon Arizona.

Pukulan peluit lokomotif menunjukkan bahwa sudah waktunya untuk kembali ke kereta untuk melanjutkan perjalanan. Perjalanan cepat sejauh empat kilometer ke Stasiun Posada Barrancas, yang melayani tiga ngarai canyon, membawa saya ke tujuan semalam, truk pick-up kecil yang menunggu hanya beberapa langkah dari tangga kereta api. Setelah hanya berhenti 30 detik, kereta memulai kembali kekuatan dan mobil penumpang yang tertinggal menghilang saat bergerak di antara permukaan batu yang melesat dan membengkokkan tikungan, jalur kehidupan sehari-hari sekarang terputus selama 24 jam lagi. Truk itu, yang menapaki jalan tanah dengan koper di atas flatbed, berhenti di depan Hotel Posada Barrancas Mirador.

Sebuah pondok jingga berlantai tiga yang dibangun di tepi Copper Canyon berukuran 5.770 kaki, menampilkan balkon berbingkai kayu dalam gaya Indian Tarahumara dan termasuk tiga kali makan sehari-hari. Lobi, dihiasi dengan lantai keramik berwarna coklat dan dinding batu bata kuning dengan perbatasan bermotif India, menampilkan langit-langit katedral dari bilah kayu dan batang pohon yang tebal dengan tiga roda seperti chandelier, perapian besar dengan tembikar tembikar perapian dan api berderak pada malam hari, dan sofa kulit dan kursi lengan. Sebuah bar kecil yang terpisah menampilkan meja-meja kecil dari kayu bulat, kursi-kursi bermotif Indian yang berwarna-warni, perapian adobe warna oranye, dan mural dinding Copper Canyon dan rel kereta api yang melewatinya. Balkon besar yang menghadap ke luar kota, dikelilingi oleh cabang alami dan pinggiran jalan, diakses oleh pintu dari lobi.

Sebuah jalan di luar ruangan yang berubin dipimpin melewati celah-celah tembikar, batu, dan kaktus di sebelah kanan dan pintu kamar di sebelah kiri. Kamar-kamar, dalam gaya klasik India-India, mempertahankan lantai ubin hotel dan menampilkan dinding batako putih yang kasar; langit-langit balok kayu; perapian adobe kecil dan putih dengan dasar oranye; terpisah, di luar bak cuci dan lemari yang pintu-pintu kayunya terbuat dari ranting-ranting pohon dengan pola diagonal; di dalam ubin kamar mandi; dan batang pohon dan balkon cabang pedesaan yang menghadap ke ngarai.

Makan siang disajikan di ruang makan, yang berisi meja kayu panjang, dan menampilkan langit-langit miring ke bawah yang terbuat dari cabang kayu tipis, empat lampu gantung kayu, perapian batu hijau, dan jendela dari lantai ke langit-langit yang menghadap ke ngarai. , dan termasuk krim sup jamur; filet daging sapi panggang, kentang panggang, kacang goreng dan keju, nachos dengan keju cair dan saus tomat, dan tortilla dan salsa; peach cream pie dengan graham cracker crust and chocolate sauce drizzle; dan kopi.

Gumpalan-gumpalan awan yang sedikit digosok-gosokkan pada ufuk barat di atas dinding batu cadas yang diukir sementara mengubah diri menjadi warna pink dan ungu. Udara, tipis, murni, dan cepat, ketenangan yang memukau. Jauh dari pemukiman atau kota dengan ukuran yang cukup besar, hotel adobe berwarna oranye yang menghadap ke pelosok menjadi dunia yang terisolasi bagi dirinya sendiri.

Makan malam, makanan kedua di ngarai, termasuk sup miju-miju; dada ayam bakar, nasi jeruk nipis dengan buah zaitun hijau, dan sayuran campur; dan kue nanas.

Ngarai, yang sekarang tidak memiliki cahaya, direduksi menjadi lubang hitam, tanpa referensi. Grid bintang-bintang, terhalang oleh satu uap awan, kabut yang disebabkan polusi, atau cahaya tanah, menembus langit malam seperti sinar intensitas tinggi yang meleleh menjadi lilin hitam. Udara yang dingin, dijernihkan terasa berat dengan aroma kayu bakar yang terbakar di perapian adobe pondok itu. Menyerah untuk tidur, saya jatuh ke kehampaan terlupakan …

II

Ditindik hanya oleh suara coyote yang melolong secara berkala, malam itu tetap tak terlihat hitam. Pada 0630, di antara Copper Canyon dan sekelompok awan hitam, fajar menyiram dirinya sendiri ke dalam hari sebagai lava oranye cair melalui sepotong di ufuk timur, semakin mengganggu dirinya sendiri sampai pita awan hitam sekali menjadi diresapi dengan tinges oranye, seperti spons secara bertahap menyerap cairan hari itu. Kerutan dan kerutan tebing ngarai, meskipun masih tidak bisa dibedakan, menjadi terlihat dalam bentuk siluet di bawah langit biru gelap yang cahaya malam hari, limpahan bintang bintang, telah memudar sampai hanya sebuah penanda planet-representatif cahaya tetap diagonal ke pondok balkon. Menyerap kemarahan penuh hari, pita awan yang melayang di atas cakrawala menjadi dilalap api merah menyala.

Kereta api barat harian, yang akan membawa saya setengah dari jarak yang tersisa ke terminalnya, Los Mochis, baru saja keluar dari Chihuahua. Awan, yang sekarang benar-benar terbakar, benar-benar ditelan oleh warna merah. Ketika nyala api menyala dengan sendirinya, merah sekali lagi berkembang menjadi oranye yang lebih dingin dan langit berubah menjadi biru bayi pagi. Granit abu-abu dari bebatuan canyon yang terpahat dan hijau dari vegetasi dataran rendahnya menjadi dapat dibedakan. Sarapan, disajikan di ruang makan hotel, termasuk jus jeruk; sepiring buah segar semangka, pepaya, melon, pisang, ceri, dan limau; pancake, sirup maple, dan bacon; dan kopi.

Menjelang larut malam, pondok itu tampak digantung oleh keheningan saat para tamu, untuk sementara waktu, terlibat dengan hiking dan menunggang kuda, hampir mengantisipasi kereta api harian dari Chihuahua, jalur kehidupan ke komunitas lembah yang terisolasi. Seorang wanita Tarahumara yang berpakaian sangat kecil dan penuh warna, menggendong bayi dengan kain di belakang punggungnya, mengintip ke jendela pondok, dengan rasa ingin tahu tentang kehidupan "lain" yang dialami di sini.

Suspensi keheningan, waktu, dan masyarakat tiba-tiba hancur pada 1330 ketika lokomotif diesel Ferromex hijau tua dan merah, menebarkan asap abu-abu dan menarik rantai lima mobilnya, muncul di antara semak-semak di jalur tunggal, mengikuti kurva kanan dan berhenti di platform kayu "Lama Barat" yang di dalamnya sekitar 20 orang, yang muncul dari tiga pondok Posada Barrancas, berkumpul. Tidak seperti kereta api kemarin, hari ini terdiri dari lokomotif tunggal, tempat makan standar dan mobil bar, dan tiga mobil penumpang Berteriak di atas kapal bersama penumpang yang membawa bagasi lainnya, saya mencapai kursi kiri saya tepat ketika mesin telah melepaskan remnya dan kereta menuju barat telah menyelinap di antara dua wajah batu di sisi lain dari jalan tanah.

Hanya beberapa saat setelah meninggalkan stasiun, Chihuahua al Pacifico Railroad mengikuti jalur yang berlipat ganda menuju San Rafael dan berhenti sejajar dengan kereta yang menuju ke timur. Keturunan bertahap, dari 7.500 kaki ke permukaan laut, akan menjadi ciri sebagian besar perjalanan yang tersisa. Makan siang, disajikan di mobil makan, termasuk baguette California ham, keju cheddar, selada, tomat, bawang, mayones, dan mustar Dijon pada roti Prancis dengan kentang goreng renyah Prancis.

Membentang tikungan kiri, Chihuahua al Pacifico Railroad terjun melalui terowongan dan melewati Jembatan Laja sepanjang 695,4 kaki, relnya kini terletak di ngarai yang kaya pohon pinus. Pada 1515, itu ditarik ke 5.300-kaki stasiun Bahuichivo, yang melayani kota Cerocahui, terletak 16 kilometer di tengah-tengah kebun apel dan buah persik, dan desa Urique, yang terletak di bagian bawah ngarai. Antara kilometer 688 dan 708, kereta api itu melewati serangkaian 16 terowongan yang diukir di tepi ngarai. Lintasan itu, yang paralel dengan Sungai Septentrion yang ramping, berbatu, dan nyaris kering di bawahnya, adalah "miniatur" sendiri oleh puncak-puncak berkarpet hijau dari pohon pinus Chihuahua, cemara Douglas, dan Quaking aspen yang menjulang di atasnya. Langit, berlimpah dengan pulau-pulau awan perak mengambang, sebaliknya adalah biru yang termasyhur.

Dikurangi menjadi tetapi model rel kereta api, hubungan enam-rantai bergerak di tengah puncak, menjulang tinggi granit dan hijau alpine-topografi dari oak dan pinus, secara berkala ditelan oleh serangkaian terowongan, yang seketika mengurangi hari-biru ke malam-hitam. Meniru tikungan lokomotif, lekukan, dan guncangan pada tingkat yang sedikit tertunda, mobil-mobil trailingnya mengikuti dengan presisi luar biasa. Segera setelah kereta keluar dari terowongan, lubang bundar yang tampak kecil yang mewakili pintu masuk ke depan selalu muncul di depan.

Memasuki terowongan 49, kereta api itu, yang sekarang turun ke Santa Barbara Canyon, melakukan belokan 180 derajat sebelum muncul dan lagi menjadi sasaran tikungan 180 derajat di jembatan yang membentang Sungai Septentrion. Desa Temoris, didirikan pada 1677 oleh Jesuits dan terletak di dataran tinggi 3.365 kaki di atas stasiun, telah dicapai pada tahun 1610 di sore hari.

Melewati Celah Rio Septentrion, Kereta Api 74 menempuh perjalanan melalui topografi tropis, yang ditandai oleh pohon pisang, palem, dan mangga. Pada 1708 dan kilometer-penanda 748, kereta melintasi Jembatan Chinipas setinggi 1.018,5 kaki yang, pada 335 kaki di atas permukaan Sungai Chinipas yang muncul di permukaan hijau, adalah yang tertinggi dari garis itu, dan, enam kilometer kemudian, bosan melalui yang terakhir dan terlama dari terowongannya, nomor 86, yang panjangnya 5.966 kaki. Seperti suara terakhir dari simfoni, Chihuahua al Pacifico Railroad keluar dari negara ngarai.

Saat malam menjelang, para penumpang, yang banyak di antaranya adalah salah satu dari dua kelompok perjalanan, menuju ke bar car untuk minum anggur dan koktail. Mobil itu sendiri, yang terletak di antara tempat makan dan mobil penumpang, telah dikonfigurasikan dengan sebuah bar yang menghadap ke dalam dengan beberapa kursi bar bundar, rak-rak cermin untuk botol anggur dan minuman keras, dan gelas gantung terbalik. Biasanya dilapisi dengan warna merah, kursi-kursi santainya diapit oleh meja kecil bulat, sementara bar berdiri dan meja konsesi untuk camilan dan cendera mata yang dapat dijual dipasang di bagian depan mobil.

Pada penanda kilometer 781, kereta melewati Jembatan Agua Caliente, yang membentang Sungai Fuerte dan, di 1.637 kaki, adalah garis terpanjang. Melintasi dataran rendah, semak belukar dan duri hutan pada 1730, ia bergerak dengan kecepatan yang cukup tinggi di bawah langit biru dan gelap, koleksi awan nimbus periodik yang merupakan karakteristik senja. Garis-garis horizontal awan, sapuan kuas di ufuk barat, dimakan dengan membakar bara oranye. Hanya melayang di atas siluet gunung yang melengkung, matahari, dalam geometri silindris murni, terbakar dengan kemarahan oranye sebelum tergelincir di belakang mereka. Setelah beristirahat di malam hari, itu memproyeksikan letusan gunung berapi dari lava cair ungu dan oranye ke langit setelahnya. Sungai yang berliku di bawah jembatan memeluk lintasan tampak menyala dengan pertandingan ungu. Formasi awan, sementara dibakar oleh oranye, bermetamorfosis menjadi ungu saat malam memadamkan sisa-sisa bara hari yang terbakar tepat di atas cakrawala. Selimut ruby ​​dan stratonimbus abu-abu terbungkus sendiri sepanjang hari, menutupinya dengan kegelapan yang mencekik, dan meninggalkan interior mobil penumpang yang hangat dan terang sebagai satu-satunya cahaya yang tersisa.

Kereta 74, sekarang bepergian sejajar dengan semak belukar datar di negara bagian Sinaloa, telah meninggalkan Copper Canyon dan kaki bukit Sierra Madre di belakang, dan akan menutup celah yang tersisa ke tujuan akhir dalam kegelapan, hanya menyisakan " jam "roda-rodanya terhadap lintasan sebagai bukti nyata kemajuannya. Berjalan ke mobil makan untuk makan terakhir di rel, saya memesan sebotol anggur putih Perancis dan hidangan ayam cordon bleu dengan saus krim jamur, nasi Meksiko, dan sayuran campur.

Kota El Fuerte, dicapai pada tahun 1910, adalah arsitektur kolonial Spanyol dan telah didirikan pada 1564 oleh penakluk Spanyol Francisco de Ibarra untuk tujuan mendirikan benteng untuk melindungi warganya terhadap serangan India. Melayani sebagai pos perdagangan di Camino Real selama tiga abad, yang jejak keledai Spanyolnya telah menghubungkan Guadalahara, tambang Alamos, dan Sierra Madre Occidental, telah menjadi ibu kota Sinaloa pada tahun 1824.

Tergelincir di jalur tunggal di bawah beludru gelap, langit bintang-berlian dan bergerak di atas hamparan tanah yang datar, Kereta 74 menutupi 82 kilometer yang tersisa antara El Fuerte dan Los Mochis, persegi panjang yang tampaknya melesat di sepanjang pantulan sisi dari mobil penumpang yang terang jendela di vegetasi track-side.

Refleksi persegi panjang jendela mobil itu seperti pantulan perjalanan: tidak seperti jalur rel lain, yang menawarkan sarana transportasi alternatif ke tujuan tertentu, Chihuahua al Pacifico Railroad menawarkan satu-satunya jalur darat ke dan melalui Sierra Madre Occidental dan ngarai terkaitnya. . Jalur kehidupan ke komunitas di sepanjang jalurnya, dari Chihuahua ke Los Mochis, itu menawarkan metode tunggal, transportasi vital; menempuh perjalanan lebih dari 653 kilometer jalur yang rutenya hanya bisa disamakan dengan prestasi luar biasa dalam teknik kereta api; menawarkan pemandangan gunung dan ngarai yang tak tertandingi; dan menghubungkan budaya India dan Tarahumara India.

Trek tunggal berkembang menjadi banyak dan kereta api melewati halaman kereta api berukuran sangat besar. Lampu Los Mochis, kota modern yang terletak hanya 19 kilometer dari kota pelabuhan Topolobambo, menjulang ke depan. Merayap melalui pinggiran kota, rumah-rumah yang hanya beberapa meter dari jalur yang sebenarnya, Chihuahua al Pacifico Railroad bergerak melewati Estacion de Los Mochis modern dengan kecepatan siput dan menyentakkan rem untuk terakhir kalinya pada 2205, menyelesaikan 16 jam, 20 menit perjalanan dari dataran ke Pasifik.

Mengambil koper saya dari rak overhead dan menuruni beberapa tangga ke platform, saya menyaksikan kru berseragam mematikan lampu kereta dan memasukkannya ke terminal, setelah menyelesaikan lari ke arah barat lain, dan hanya bisa mengagumi peran penting yang mereka mainkan tujuan kereta api untuk menghubungkan Copper Canyon dengan sisa Meksiko.

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *