Pancho Villa – Robin Hood of Mexico

Paling populer dikenal sebagai Pancho Villa – yang merupakan nama yang lebih pendek untuk nama palsu Francisco Villa – Jose Doroteo Arambula lahir di Rio Grande, Durango di Meksiko, pada tanggal 5 Juni di tahun 1878. Ia adalah putra orang miskin petani Agustin dan Micaela Arango.

Pancho Villa mungkin dibayangkan sebagai Robin Hood yang membawa bendera Meksiko. Tindakan heroik pertamanya yang dikenal dikatakan bisa terjadi ketika dia membalas kehormatan adiknya yang membunuh pemilik tanah, Lopez Negre, yang mencabuli adiknya. Dia melarikan diri ke gunung dan segera menjadi pejuang pemberontak untuk orang-orang miskin. Dia adalah seorang bandit, seorang perampok kereta, seorang pedagang kuda yang pada saat ini telah mengadopsi nama fiktif dari Francisco Villa. Namun di mata banyak orang, terutama para petani yang tertindas, ia dianggap sebagai pahlawan rakyat.

Dia segera menjadi pejuang revolusioner yang bertarung dengan Francisco Madero untuk menggulingkan Porfirio Diaz, seorang diktator pada awal abad ke-20. Pengalamannya tinggal di pegunungan dan bertempur sebagai gerilyawan, serta rasa kepemimpinannya, membuat mereka mencapai tujuan mereka.

Dia kemudian bertempur bersama dengan Carranza melawan Victoriano Huerta yang membunuh Madero dan mentornya Abraham Gonzales. Kemudian, dia mengalami keretakan dengan Carranza yang kemudian dipilih oleh Amerika untuk didukung. Merasa dikhianati, dia memimpin pertempuran melawan Columbus, New Mexico. Ini menyebabkan kampanye melawannya, dan perburuan diatur. Pencarian hanya dihentikan pada tahun 1917.

Pada 1920, setelah revolusi, dia diberi sebuah hacienda. Hidupnya berakhir pada titik tragis ketika ia dibunuh saat mengunjungi bank di Parral, Chihuahua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *