Pendaftaran Hak Cipta

Kami sering menerima pertanyaan tentang cara mengajukan perlindungan hak cipta, dan banyak orang terkejut mengetahui bahwa sebenarnya mereka tidak perlu menerapkan sama sekali. Hak cipta ada secara otomatis dalam karya-karya sastra, film, drama, musik dan artistik, film, rekaman suara, dan pengaturan tipografi edisi yang diterbitkan. Karya sastra diambil untuk memasukkan program komputer, database, dan kompilasi lainnya.

Meskipun tidak ada proses registrasi resmi di Inggris, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memastikan bahwa Anda dapat melindungi pekerjaan Anda terhadap penyalin, dan meningkatkan kemungkinan tindakan yang sukses terhadap pelanggar. Pertama, penting untuk menyatakan bahwa karya tersebut adalah hak cipta, menyatakan pemilik hak cipta dan tanggalnya.

© Nama Perusahaan Anda 2012

Dengan membuat pernyataan di atas, hampir tidak mungkin bagi siapa pun yang menyalin artikel ini untuk menyatakan bahwa mereka tidak menyadari bahwa hak cipta ada dalam karya, membuat pembelaan "pelanggaran tidak bersalah" tidak tersedia. Perhatikan bahwa penting untuk memasukkan tanggal. Karena hak cipta hanya berlaku untuk waktu yang terbatas, ada kemungkinan bahwa seseorang akan secara wajar percaya bahwa hak cipta dalam karya yang tidak bertanggal telah habis masa berlakunya.

Serta menegaskan hak cipta dalam pekerjaan Anda, adalah bijaksana untuk menyimpan catatan yang baik tentang kapan pekerjaan dibuat dan diperbarui. Jika Anda dapat memberikan bukti objektif tentang bagaimana dan kapan karya itu dibuat, maka ini akan membuat penegakan sukses lebih mungkin di masa depan. Beberapa layanan pendaftaran hak cipta tidak resmi ada, dan mengklaim untuk membantu menyediakan bukti ini. Namun, sulit untuk menyarankan penggunaan layanan tersebut, karena mendapatkan pendaftaran hanya akan benar-benar membuktikan bahwa Anda memiliki akses ke salinan karya pada tanggal tertentu. Mengirimkan salinan pekerjaan kepada diri Anda sendiri dengan pengiriman tercatat dan tidak membuka amplop kemungkinan akan menghasilkan tingkat bukti yang sama persis. Bahkan lebih baik akan menjadi catatan lengkap dan tertanggal dari konsep dan materi sumber.

Mungkin juga masuk akal untuk mempertimbangkan bagaimana Anda dapat membuktikan bahwa pelanggar telah benar-benar disalin. Hak cipta hanya melindungi terhadap penyalinan jadi, jika seorang pelanggar yang diduga dapat membantah bahwa mereka menciptakan pekerjaan mereka secara independen dan tanpa referensi kepada Anda, maka mereka tidak akan bertanggung jawab. Jelas reproduksi yang tepat dari sebagian besar teks akan prima facie bukti penyalinan, tetapi di mana perubahan telah dibuat mungkin lebih sulit untuk membuktikan bahwa penyalinan telah terjadi. Untuk jenis pekerjaan tertentu, dimungkinkan untuk mengatur 'perangkap' untuk kemungkinan pelanggar di masa depan. Dalam program komputer, misalnya, membuat salah eja yang disengaja dari beberapa kata dalam kode sumber tidak akan mempengaruhi operasi program atau harus jelas bagi pengguna. Namun, jika program serupa muncul di mana kesalahan ejaan yang sama, akan lebih sulit bagi terdakwa yang melanggar untuk secara meyakinkan berpendapat bahwa mereka tidak disalin.

Di Amerika Serikat, hak cipta ada secara otomatis seperti di Inggris. Namun, tidak seperti Inggris, pemerintah AS memang menyediakan layanan pendaftaran resmi. Mendaftarkan sebuah karya dengan kantor hak cipta Library of Congress memberikan keuntungan tertentu jika hak cipta perlu diberlakukan di Amerika Serikat. Juga mungkin bahwa pendaftaran Perpustakaan Kongres akan memberikan bukti kepemilikan yang sama, jika tidak lebih baik daripada layanan pendaftaran tidak resmi di yurisdiksi mana pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *