Seniman Tato di Oaxaca, Meksiko – Pengacara, Lulusan Seni Rupa, Menjadikan Tempat Tidur Aneh Dengan Tatuadore

[ad_1]

Latar Belakang Tato & Body Piercing di Oaxaca, Meksiko, Melalui Mata Pengacara

Pengacara Kaireddyn (Kai) Orta mulai membuat alat dasarnya sendiri untuk membuat tato pada tahun 1996, ketika masih di sekolah menengah di Oaxaca, Meksiko. Suatu hari seorang tetangga melihat dia membawa kotak sepatu, dan menanyakan apa yang ada di dalamnya. Kai menunjukkan padanya motor, jarum, tinta, dan perlengkapan lainnya yang disesuaikan. Tetangganya adalah penerima tato pertama Kai. Kai kemudian mulai melakukan tato untuk teman-teman sekolahnya.

Kai tertarik pada tato (tatuajes) dan tindik badan (perforación) sejak masa kanak-kanak. Itu wajar baginya, karena ayahnya adalah seorang guru sejarah, terus menceritakan kisah-kisah ritual penduduk pribumi Meksiko. Tidak ada kekurangan buku di sekitar rumah dengan gambar orang-orang pra-Hispanik yang terbiasa dengan perhiasan diri. Kai memakannya.

Tetapi sepanjang masa muda Kai, melihat tato dalam daging adalah sesuatu yang langka. Selain di buku-buku dan kadang-kadang menemukan orang bertato di TV, ia hanya akan memiliki kesempatan untuk benar-benar melihat orang-orang nyata hidup dengan tato dan tindikan tubuh ketika ia akan melihat sekilas terutama wisatawan Amerika Utara dan Eropa yang berjalan di jalan-jalan pusat kota Oaxaca , sebuah Mekah untuk pariwisata internasional.

Tradisi modern tato dan tindikan tubuh telah didirikan di negara-negara seperti Kanada, AS, Spanyol dan Inggris, jauh sebelum tiba di Meksiko. Seperti begitu banyak representasi dari subkultur yang muncul, diperlukan satu dekade ke depan bagi mereka untuk berkembang di Meksiko, terutama di daerah yang lebih terisolasi dan konservatif di negara itu, seperti Oaxaca.

Keadaan Oaxaca pada umumnya secara fisik terisolasi dari bagian utara negara itu, dan bahkan dunia yang lebih luas, sampai kedatangan jalan raya Amerika di akhir 1940-an. Sementara petualang aneh akan membuat jalan ke Oaxaca antara itu dan awal 1960-an, itu adalah gerakan hippie kemudian dekade itu dan ke awal 1970-an yang membuka Meksiko selatan dengan konsep kontra-budaya Amerika Utara dan Eropa, termasuk tato , lalu tindik badan. Namun sentimen yang berlaku dari kelas menengah Meksiko adalah bahwa anak-anak mereka harus diisolasi dari pemuda asing, dan semua yang subkulturnya berdiri.

Melompat ke tahun 1990-an. Perubahan akan mulai muncul di Oaxaca. Tato, pernak-pernik tubuh, dan bentuk-bentuk ekspresi diri non-tradisional lainnya mulai dianggap sebagai arus utama di seluruh Dunia Barat. Layar perak dan majalah yang mempromosikan bintang-bintang yang ditindik dan bertato menjadi hal yang biasa. Oaxaca harus memperhatikan. Dan itu termasuk generasi yang lebih tua, yang kemudian dipaksa untuk mengenali jika tidak menerima bahwa perilaku ritual cucu-cucu mereka (dan anak-anak mereka) tidak bisa lagi disamakan dengan sesuatu yang licik, kotor dan salah, hanya sebagai konsekuensi mengubah penampilan fisik mereka dengan menusuk dan mengecat tubuh mereka, secara permanen. Banyak orang dalam budaya pemuda Oaxacan menjadi pemikir kritis melalui pendidikan tinggi, karena itu lebih mampu membuat keputusan berdasarkan informasi, membela mereka, dan merayakannya.

Kai berumur tiga puluh tahun. Berlatih hukum bukan untuknya. Pada saat dia lulus dan memiliki selera dunia kerja pengacara (kurang dari setahun), dia sudah menjadi tato dan body piercing artist yang mapan, dengan studionya sendiri, meskipun lebih kecil dari penggaliannya saat ini. Selain itu, sebagian besar pengacara di Oaxaca tidak mendapatkan tingkat pendapatan yang menyediakan gaya hidup kelas menengah, setidaknya menurut standar Barat.

Studio Kai saat ini, Dermographics, di jantung pusat kota Oaxaca, terdiri dari:

• Area penerima tamu dengan meja panjang dan komputer, akuarium ikan tropis yang dipenuhi, kotak pajangan dengan perhiasan terutama yang berkaitan dengan tindikan tubuh, pahatan dan topeng dari lantai kayu Afrika (serta beberapa topeng Meksiko), sebuah rak buku berisi album-album yang berisi gambar dan foto-foto terutama tato, dan dua sofa nyaman tempat pelanggan dapat menelusuri "katalog" di waktu luang mereka

• Ruang tengah yang dihiasi dengan pasokan yang sama dengan sekarang, tentu saja dipenuhi dengan peralatan dan perlengkapan komersial modern, dan ruang kerja kecil yang bersebelahan.

• Ruang belakang, dengan kursi dan meja "operasi", untuk menghadiri tato dan tindikan tubuh

"Di sini, di Oaxaca kami tidak menyebut diri kami sebagai 'artis,' Kai menjelaskan." Di Amerika Serikat ada penerimaan yang jauh lebih besar terhadap bentuk seni dan mereka yang berdedikasi pada keterampilan, jadi di AS dan negara lain seperti Kanada dapat diterima menggunakan istilah 'artis tato'. Namun di Oaxaca kami hanya menyebut diri sebagai tatuadores. "

Kai & Kolega Berpartisipasi dalam Festival Tato Tahunan Twelfth di Oaxaca, Summer, 2010

Selama wawancara 3 ½ jam di studio Kai, teman-teman dan sesama tatuadores dari Mexico City, Daniel (Tuna) Larios dan pacarnya Angélica (Angy) de la Mora, berada di toko bekerja dan sebaliknya melayani pelanggan, sedangkan untuk bagian dari waktu Kai keluar menjalankan tugas.

Tuna telah menjadi tatuador selama 12 tahun, sementara Angy mulai melakukan tato hanya setahun yang lalu, ketika ia mulai tinggal bersama Tuna. Bersama-sama mereka membuka toko, yang disebut Toltecan, di ibu kota negara. Sebelum itu Tuna telah melakukan tato untuk pelanggan di studio lain. Dia dikenalkan dengan perdagangan karena tubuhnya ditato. Angy belajar keterampilan dari Tuna.

Tetapi bagi Angy yang belajar menjadi tatuadora adalah perpanjangan alami. Dia sudah memiliki gelar dalam bidang seni rupa dari sebuah universitas di Chihuahua, dan telah berpartisipasi dalam beberapa pameran seni tradisional kolektif. "Tapi lebih mudah untuk membuat hidup melakukan tato daripada sebagai seniman," Angy mengakui. Berbeda dari Angy dan Kai, kebanyakan tatuadores di Meksiko tidak memiliki pelatihan lanjutan untuk pilihan jalur karir lainnya.

Tuna dan Angy datang ke Oaxaca untuk berpartisipasi dalam Festival Tato tahunan yang ke dua belas, diadakan pada 21 & 22 Agustus 2010, beberapa hari sebelumnya. Kai adalah salah satu dari tiga penyelenggara festival, dan berada di lantai dasar konsep ketika fest pertama diadakan pada tahun 1998. "Sampai tahun ini, acara itu disebut Expo Tatuaje," Kai menjelaskan. "Kami memutuskan untuk mengubah nama itu dengan maksud untuk menarik lebih banyak orang asing. Tetapi kembali pada tahun-tahun awal kami mengadakan eksposisi sehingga kami dapat bertemu untuk bertukar ide, meningkatkan akses ke peralatan dan perlengkapan modern, dan meningkatkan tingkat kesadaran dari Komunitas Oaxaca, sehingga diharapkan akan ada penerimaan yang lebih besar atas apa yang kami lakukan. Sekarang tujuan dan fungsi acara jauh lebih luas, karena kami baik dalam perjalanan kami untuk mencapai tujuan awal kami. "

Keberhasilan Oaxaca's Tattoo Fest 2010 terbukti dari orang banyak (ratusan berdasarkan semua perkiraan) dan penjualan. Tuna dan Angy di antara mereka melakukan 11 tato selama dua hari. "Saya telah datang ke pameran selama empat atau lima tahun terakhir," Tuna menjelaskan, "tetapi ini adalah tahun pertama saya benar-benar dapat mengatakan bahwa itu layak untuk sementara waktu, untung-untungan, untuk datang ke Oaxaca. Anda tahu Saya harus menutup toko saya di Mexico City untuk datang ke sini. Saya pikir acara ini akhirnya berbelok.

Tahun ini ada sekitar tiga puluh stan, sekitar selusin yang didedikasikan untuk melakukan tato. Dalam perjalanan satu jam kunjungan pada hari Minggu, selama waktu itu setiap tatuador terus sibuk bekerja – dan dalam banyak kasus ada penonton yang antri menunggu giliran mereka.

Banyak vendor datang dari bagian lain Meksiko untuk berpartisipasi. Mereka berkumpul di Oaxaca untuk tidak hanya melakukan tato dan tindikan, tetapi juga menjual keragaman luas bahan terkait termasuk:

• Peralatan tato dan tindik badan, persediaan dan perlengkapan lainnya

• CD, DVD, dan poster semuanya dengan tema alternatif (baik Bob Marley dan Alice Cooper tinggal di Oaxaca)

• Tindik badan dan perhiasan pribadi lainnya, topeng gulat, dan pakaian, yang dilukis khusus sementara-u-tunggu.

Acara ini lebih dari sekadar peluang penjualan bagi pengecer. Ini memberikan kesempatan bagi mereka dalam bisnis untuk mempromosikan industri mereka, peralatan dan perlengkapan negara bagian yang canggih dan sebaliknya diimpor (karena banyak tatuadores tidak sampai ke Mexico City sangat sering, dan kebanyakan mesin, jarum dan cat yang diimpor tiba awalnya di Mexico City), dan hibur tato dan tindik kolektor, penggemar, dan yang penasaran, semuanya di bawah satu atap, Salón Señorial yang terletak di seberang Oaxaca's Abastos Market yang terkenal.

Seperti yang dikatakan Kai, tampaknya ada tiga kelas orang di Oaxaca, dan mungkin di negara-negara lain, yang mendapatkan tato:

• Colecionista yang biasanya berakhir mengisi sebagian besar tubuhnya, mencoba untuk menghiasi keragaman desain yang seluas mungkin, atau dengan kelas desain atau seni tertentu (mis. Setan, figur pra-Hispanik, hewan, terkenal) wajah), sering mencari pekerjaan yang dilakukan oleh beberapa tatuadores atas dari berbagai negara bagian dan negara jika memungkinkan

• Penggemar yang ingin beberapa tato ditempatkan secara strategis pada bagian tubuh tertentu

• Individu biasa yang menginginkan satu atau dua tato untuk ekspresi diri atau untuk membuat semacam pernyataan, setelah melihat tato yang dia suka, baik pada selebriti, teman atau orang asing di jalan, atau memilih untuk melakukan desain tertentu ; tato logo tim olahraga favorit seseorang mencontohkan jenis pekerjaan ini

Ini tidak seperti hobi dan minat lain. Sifat manusia tetap sama. Kategori pertama mewakili obsesi dengan pengumpulan, seperti dalam kelas antik, garam dan merica, kesenian rakyat, timbangan timbang, dan sebagainya. Yang kedua adalah penggila yang membebankan batasan, baik dengan desain atau tanpa sadar berdasarkan sifat kepribadian. Yang ketiga tidak hanya berpikir selektif tentangnya, apa pun produknya, memiliki minat tertentu, sering cepat berlalu tetapi cukup lama untuk menghasilkan pembelian atau dua.

Dalam dua hari perayaan semua yang masih dianggap kontra-budaya di Oaxaca, ada:

• Hiburan langsung termasuk tujuh band didominasi rock dan reggae, serta penari perut dan bentuk lain dari pertunjukan koreografer

• Restoran darurat luar ruang yang menyajikan bir, minuman ringan, dan hamburger panggang asli

• Diskusi panel dan forum dengan tema termasuk metode untuk memajukan reputasi bentuk seni alternatif ini di Oaxaca, dan berurusan dengan masalah kesehatan dan keselamatan yang mereda melalui adopsi norma-norma gaya AS

Masalah Kesehatan & Keselamatan Kepedulian terhadap Body Piercing & Tattoo Trade di Oaxaca, Meksiko

Di seluruh AS ada peraturan kesehatan dan keselamatan yang berkaitan dengan tato dan body piercing; tidak demikian di Oaxaca, meskipun ini adalah topik hangat di seluruh komunitas tato dan body piercing Meksiko. Kata "normas" terus-menerus diperbincangkan. Para tatuadores di Tattoo Fest, dan lebih khusus Kai, Tuna dan Angy, menunjukkan bahwa sebagian besar industri mengikuti norma AS untuk kesehatan, keamanan dan kebersihan. Menurut Tuna, Inggris memiliki undang-undang yang paling ketat dan mencakup segala hal yang berkaitan dengan tato dan tindik badan, yang dilihatnya sebagai hal yang baik.

Tampaknya hampir semua tatuadores sensitif terhadap pengaruh yang dilakukan oleh pihak berwenang, bahkan tanpa undang-undang khusus yang berkaitan dengan tato dan tindik badan. Di Oaxaca adalah Secretaria de Salud (kementerian kesehatan) yang sebenarnya melakukan pemeriksaan tempat studio, hampir sama dengan restoran di Oaxaca. Ia memiliki kemampuan untuk menutup restoran, restoran atau komedian, di tempat. Dan hal yang sama berlaku untuk studio tato.

Ancaman atau dugaan ancaman penahanan mungkin berfungsi positif dalam lingkungan tato dan body piercing. Sementara Oaxaca's inkquisitorial, kode hukum Napoleon secara perlahan berubah (percobaan lisan tiba di negara bagian Oaxaca pada tahun 2007, meskipun hanya untuk pelanggaran kriminal paling keji), kantor jaksa agung masih memiliki hak untuk memenjarakan dugaan pelanggar hampir semua aturan, hukum atau peraturan, di mana cedera pribadi telah dihasilkan. Tanpa undang-undang khusus yang berkaitan dengan tato dan tindik badan, mungkin sistem hukum Oaxaca saat ini, seperti yang dilakukan oleh tangan tinggi, berfungsi penting bagi masyarakat yang membeli tato. Tentunya hal itu tampaknya membuat mereka tetap di industri.

"Kami tidak akan bekerja di bawah umur, sederhana dan sederhana, tanpa otorisasi orangtua," Tuna menekankan. "Dan sebenarnya, daripada mengandalkan izin tertulis dari orang tua, bagi saya, saya pribadi ingin ayah di sana di studio saya ketika saya bekerja pada putra atau putrinya."

Setelah dilatih sebagai pengacara, Kai memiliki penghargaan khusus atas implikasi dari tidak memastikan lingkungan kerja yang bersih dan aman di studionya, dan mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan kebersihan yang didirikan di yurisdiksi lain, "ke tee:" jarum yang dikemas; peralatan disimpan di bawah bungkus; sarung tangan dan masker; pertolongan pertama, kebakaran dan peralatan kesehatan, kebersihan dan keselamatan terkait dekat; ruang kerja "bedah" terpisah dari bagian ritel toko; dll. Bagian belakang kartu namanya mencantumkan langkah-langkah yang harus diambil oleh penerima tato dari saat mereka meninggalkan studio, untuk mengurangi dan semoga menghilangkan risiko infeksi atau komplikasi lainnya. Para tatuadores lainnya membagikan selebaran yang memuat tindakan pencegahan yang sama atau serupa yang harus diamati.

Menurut Tuna, di Mexico City seseorang dapat mengambil kursus tato dan tindik badan di beberapa lembaga yang berbeda. Tetapi mereka untuk belajar perdagangan, dan bukan pemerintah yang diatur. Tuna melihat ketidakkonsistenan antara perawatan pemerintah terhadap kantor gigi dan studio tato dan tindik, dan ketidakadilan: "Ada banyak kantor gigi di sekitar yang jauh lebih bersih dari studio kami, dan yang stafnya tidak mengikuti praktik yang paling bersih; dan namun dokter gigi tidak tunduk pada kecurigaan dan sindiran bahwa kita. " [At least dentists are required to have a minimum level of training regarding matters of health, safety and hygiene.]

Kai, untuk satu, jelas ahli dalam perdagangannya. Sejak awal, sejak masa sekolah menengahnya, dia akan selalu membaca dan belajar sebelum mulai bekerja pada seseorang. Dia selalu bekerja berkonsultasi dengan dokter, kerabat keluarga. Dokter adalah sumber yang paling berharga bagi Kai dalam hal membimbingnya melalui semua prosedur kesehatan dan kebersihan yang tepat, untuk setiap langkah. Kai tidak pernah bekerja pada siapa pun tanpa mendekati tugas dengan tingkat kepercayaan yang tinggi. Tapi, dia mengakui, "Anda tidak pernah berhenti belajar."

Ekonomi Tato dan Body Piercing di Oaxaca

Angy sedang bekerja di konter, melakukan gambar pensil dari pin-up 1950-an – dengan twist. Seorang wanita muda telah datang ke studio sehari sebelumnya, menginginkan tato di kaki seorang gadis pin-up vintage, tetapi bagian dari tubuh menjadi non-tradisional, seperti dalam satu kaki dan setengah kepala mungkin dengan tulang skeletal terkena , sisanya indah dan feminin; seperti dalam catrina Meksiko, seperti yang dikatakan Angy, "tetapi dengan sedikit daging di tubuhnya." Pelanggan akan kembali hari ini jam 4 sore.

Dua pria berusia dua puluhan datang untuk melihat sampel tato. Mereka duduk dan menelusuri dua album selama sekitar 40 menit, kemudian mengatur salah satu dari mereka untuk datang kembali keesokan harinya untuk tato hitam yang cukup besar dari logo tim sepak bola Pumas Meksiko. Kemudian dua gadis yang lebih muda datang mencari cincin alis atau perhiasan serupa lainnya, dalam kisaran 250 – 300 peso.

Studio Kai melakukan bisnis yang cepat. Dia mengenakan biaya minimum 400 peso untuk tato sederhana, suku, secara harfiah "kesukuan," seperti yang mereka ketahui, atau mungkin surat. Itu adalah biaya minimum yang sama di Tattoo Fest: "Tentu, beberapa tatuadores akan melakukan tato untuk 150 – 200 peso, tetapi kebanyakan dari kita lebih suka memulai dengan harga di mana kita dapat mengambil waktu kita untuk melakukan pekerjaan yang berkualitas bahwa pelanggan akan secara pasti menghargai, dan karena itu ingin kembali, pamer ke teman-teman, dan sebagainya. Saya sudah melakukan tato cukup lama, dan kualitas saya sedemikian sehingga saya harus memerintahkan harga semacam itu, dan pelanggan lebih dari puas. "

Kai dan Tuna mengisi dalam jarak yang sama. Mereka berdua senang bekerja dengan pekerjaan itu, atau setiap sesi harian. Kai menarik 1.000 – 1.500 peso per sesi, yang dapat menghasilkan gambar warna yang cukup besar dan detail. Tuna akan melakukan kembali penuh untuk 10.000 – 15.000 peso. Masing-masing telah melakukan tato multi-warna yang besar dan rumit sebanyak 20.000 peso. Itu tampaknya menjadi harga tertinggi di Oaxaca.

Tampaknya ada keinginan untuk menginvestasikan kembali keuntungan untuk mendapatkan lingkungan kerja yang lebih baik, dan peralatan yang lebih tinggi. Mengenai yang terakhir, dalam banyak kasus itu hanya masalah mesin dan perlengkapan yang diimpor dengan harga yang lebih tinggi, dan fakta bahwa pilihan untuk peralatan dan perlengkapan buatan Meksiko jauh lebih terbatas. Oleh karena itu keinginan untuk mencari di luar negeri untuk lini produk yang lebih beragam. "Jangan salah," Tuna memperingatkan, "ada peralatan berkualitas tinggi yang diproduksi di sini di Meksiko, tetapi kami tidak memiliki kisaran dalam produk, dan tentu saja semua yang diimpor dianggap lebih baik dan karena itu mengambil harga yang lebih tinggi."

Pendidikan lanjutan juga tampaknya menjadi prioritas bagi tatuadores. Beberapa tahun yang lalu Kai pergi ke Guadalajara untuk mengambil kursus intensif. Menurut Angy, kadang-kadang tatuadores akan mengambil kursus seni atau menggambar spesifik yang singkat untuk memungkinkan mereka mengikuti permintaan pasar. Kebanyakan tatuadores tidak memiliki pelatihan dalam seni rupa, sehingga meraih kesempatan untuk belajar adalah sesuatu yang banyak dicita-citakan oleh banyak orang. Dalam beberapa kasus alih-alih menyerahkan calon pelanggan karena kurangnya keahlian khusus, lebih baik berinvestasi dalam mempelajari aspek baru dari perdagangan melalui pelatihan.

Jarang sekali seorang tatuador memalingkan bisnis, tetapi itu memang terjadi. Biasanya hasil dari seniman tidak dapat melakukan pekerjaan berkualitas berdasarkan desain yang diminta, daripada menemukannya menjijikkan. Mungkin itu hanya bahwa tatuadores tidak sering menghadapi seseorang yang menginginkan, misalnya, swastika di lengan bawah. "Biasanya yang terjadi adalah seseorang datang dan menginginkan tato kecil, apa pun, di jari atau lengan, dan saya tahu bahwa saya tidak dapat melakukan pekerjaan dengan baik mengingat ukuran yang diminta, atau bahwa setelah waktu singkat kualitas akan berkurang , "Kai mengakui. "Jadi saya menyarankan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang lebih besar atau dengan skema warna yang berbeda, atau untuk bagian tubuh yang berbeda. Kadang-kadang pelanggan setuju, kadang-kadang dia pergi, dan kadang-kadang dia bersikeras, dalam hal ini saya menolak pekerjaan."

"Kita semua dapat menggunakan lebih banyak bisnis, tetapi ini adalah perdagangan yang terampil yang ingin kita tingkatkan dalam hal reputasinya, jadi kita semua harus berusaha untuk mempertahankan standar, serta integritas pribadi kita;" Kai menegaskan.

Alasan utama pelanggan tidak kembali adalah kurangnya dana untuk tato tambahan atau melanjutkan proyek yang sama, atau rasa sakit. "Orang yang berbeda memiliki ambang batas rasa sakit yang berbeda," Tuna menyarankan. "Jenis kelamin pelanggan kadang-kadang adalah penentu rasa sakit yang bisa diharapkan akan dirasakan, tergantung pada bagian tubuh tertentu. Bekerja pada bagian tubuh yang sama dapat mempengaruhi pria secara berbeda daripada wanita." Hanya 50% dari pekerjaan Tuna adalah bisnis yang berulang.

Kai memiliki preferensi untuk bekerja pada pria daripada wanita. Kenapa pria? Pria cenderung menginginkan tato yang lebih besar, yang diterjemahkan menjadi lisensi yang lebih artistik dan kemampuan yang lebih besar untuk menghasilkan karya yang benar. "Tapi jangan salah paham," Kai menambahkan membela diri, "Aku suka bekerja pada wanita, dan melakukan pekerjaan berkualitas tinggi, selalu."

Pelanggan berusia dua puluhan membentuk kelompok usia terbesar. Jika tidak, kadang-kadang seorang remaja datang dengan orang tua, mungkin 20% pencari tato berusia tiga puluhan, dan persentase yang sangat kecil terdiri dari pelanggan yang lebih tua.

Nasihat untuk orang Amerika, Kanada, Eropa, dan Mereka yang Lebih Jauh ke Luar Negeri Menginginkan Tato di Oaxaca

Tuna mengakui bahwa di Meksiko mungkin ada dua seniman tato berkualitas tinggi per 300 tatuadores, yang menyatakan bahwa di AS jumlahnya sangat berbeda, dua per seratus. Sulit untuk menerima tokoh-tokohnya, setelah melihat beberapa tato berkualitas pada tubuh orang Oaxaca, dan memiliki kesempatan untuk berbicara dengan banyak tatuadores Oaxacan dan mengevaluasi dedikasi mereka terhadap keterampilan, dan keinginan mereka untuk meningkatkan reputasinya melalui perbaikan diri. Tuna berpendapat: "Jika seseorang ingin tato yang saya tahu tatuador lain dapat melakukan lebih baik, saya merujuk dia ke seorang rekan. Itu membangun kepercayaan publik. Bagi saya, saya tahu bahwa dalam warna hitam, saya berada di puncak permainan saya."

Tiga serangkai tatuadores adalah ad idem ketika menyampaikan saran untuk turis yang mengunjungi Oaxaca dan menginginkan tato:

• Jangan terburu-buru; menghabiskan waktu yang dibutuhkan dengan "seniman tato," mengobrol, melihat desainnya, dan memeriksa sekeliling studio

• Pastikan apakah tatuador memiliki spesialisasi tertentu, atau tingkat kompetensi yang lebih tinggi di satu area dibandingkan dengan yang lain (yaitu warna sebagai lawan hitam)

• Mengatasi masalah kesehatan, kebersihan dan keselamatan apapun, karena ketika departemen kesehatan memiliki aturan dan peraturan aplikasi umum, dan pemeriksaan tempat studio tato dilakukan, tidak ada badan khusus untuk mengawasi industri tato.

• Sekalipun demikian, sebagaimana diindikasikan bagian terbesar dari para tatuadores di Oaxaca mengikuti norma Amerika, mereka yang berada di industri ingin meningkatkan perdagangan mereka untuk memiliki persepsi yang lebih utama di antara penduduk Oaxacan

• Carilah instruksi tentang cara merawat tatttoo, dimulai dengan momen setelah meninggalkan studio, untuk mengurangi dan semoga menghilangkan kemungkinan komplikasi – baik pada selebaran atau di belakang kartu nama

• Ajukan pertanyaan, pertanyaan dan lebih banyak pertanyaan sampai puas bahwa baik proses dan hasil akhirnya akan memenuhi atau melampaui harapan

Penghapusan Tato di Meksiko

Tuna menegaskan beberapa alasan yang jelas untuk mencari tato dihapus:

• Sebagaimana yang diminta oleh pemberi kerja (yaitu perubahan posisi kerja)

• Untuk tujuan mencoba mendapatkan pekerjaan

• Individu masih sangat muda ketika dia menerima tato, dan kemudian memiliki sikap yang berbeda terhadap jenis perhiasan tubuh ini

• Kualitas tato buruk atau dipertanyakan dari awal

• Perubahan pikiran mengenai gambar atau perubahan tubuh, yang mungkin kemudian dianggap sebagai pemalsuan

Dengan biaya sederhana operasi plastik berkualitas di Oaxaca, penghapusan tato di negara bagian terbukti menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin kembali ke keberadaan bebas tato. Bahkan di studio Kai ada plexiglass berdiri diisi dengan pamflet seorang ahli bedah plastik Oaxacan, Dr Filberto Fajardo, yang mengkhususkan diri dalam penghapusan tato laser.

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *