Skema Registrasi Pekerja dan Implikasinya untuk Residensi Tetap

Skema Pendaftaran Pekerja Negara Aksesi (Skema Registrasi Pekerja atau 'WRS') adalah tindakan sementara yang diperkenalkan pada Mei 2004 yang sejak itu berhenti, pada April 2011. WRS mengharuskan pekerja dari negara-negara A8, Hungaria, Estonia, Latvia, Polandia, Lithuania, Slovakia, Slovenia dan Republik Ceko, untuk mendaftar dalam waktu satu bulan bergabung dengan perusahaan baru.

Skema Telah Hentikan, Jadi Mengapa Terus Memiliki Efek?

Skema ini berhenti pada April 2011, namun sangat relevan bagi pekerja dari negara-negara A8 dalam aplikasi mereka untuk residensi permanen (PR). Salah satu persyaratan untuk PR adalah bahwa pemohon menjadi 'pekerja' di Inggris untuk jangka waktu lima tahun. Bagi pekerja dari negara-negara A8, apakah mereka telah terdaftar dengan benar dengan WRS memiliki dampak besar pada apakah mereka memenuhi persyaratan lima tahun ini atau tidak.

The WRS – The Difficulties

Sebagai warga negara Uni Eropa, Anda secara otomatis memperoleh hak PR di negara Uni Eropa lain jika Anda telah hidup secara legal di negara itu selama paling tidak 5 tahun terus menerus. Pembatasan ekstra yang diberikan pada warga negara A8, dalam bentuk WRS, membuatnya lebih sulit untuk memenuhi persyaratan lima tahun ini. Dalam mengajukan permohonan kartu penduduk tetap, pemohon harus memberikan bukti kegiatan mereka sebagai orang yang memenuhi syarat dan di mana pelamar ini adalah pekerja aksesi, ini mungkin termasuk bukti pendaftaran WRS.

WRS menghadapi kritik sebagai tidak adil bagi pekerja dan tidak efektif dalam tujuan yang diusulkan untuk memantau efek pekerja migran baru terhadap ekonomi Inggris. Banyak pekerja migran sejak itu menemukan bahwa mereka tidak terdaftar dengan benar di WRS, baik melalui kurangnya kesadaran umum atau masalah lain seperti perubahan majikan. Hal ini mengakibatkan kesulitan dalam memenuhi kriteria untuk PR.

Perubahan dalam hukum Inggris

Menurut hukum Uni Eropa, Permanent Residence secara otomatis diakuisisi oleh National Uni Eropa, asalkan kriteria yang relevan terpenuhi. Namun, perubahan dalam hukum Inggris pada tahun 2015, berarti bahwa penduduk tetap yang ingin mengajukan permohonan Kewarganegaraan Inggris harus terlebih dahulu mengajukan permohonan Sertifikat atau Kartu Tempat Tinggal Permanen. Ini telah mempersulit orang-orang dengan hak tinggal permanen berbasis Uni Eropa untuk menjadi naturalis sebagai warga negara Inggris.

Berita bagus!

Kabar baik untuk warga negara dari negara-negara A8 adalah bahwa, kami hampir lima tahun sejak akhir WRS. Ini berarti bahwa individu yang tidak memenuhi syarat untuk status kependudukan permanen karena pekerjaan yang tidak terdaftar selama periode WRS, akan berada dalam posisi untuk mengajukan permohonan kediaman permanen mulai April 2016, asalkan mereka dapat membuktikan persyaratan tempat tinggal yang diperlukan dan pelaksanaan hak Perjanjian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *