The Whistling Language of the Mazatecs of Mexico

Di sierra Oaxaca, Meksiko, penduduk lokal – Mazatecs – memiliki cara berkomunikasi jarak jauh tanpa menggunakan telepon.

Wilayah ini beragam, ditandai dengan dataran tinggi yang kasar hampir tanpa tanah datar. Ada banyak dialek bahasa Mazatecan yang diucapkan, dan bahasa peluit yang unik memungkinkan orang Mazatec berkomunikasi dengan orang lain untuk jarak lebih dari dua kilometer. Karena medan, sering berbukit, bergunung-gunung, atau dengan lembah, bentuk komunikasi ini berarti bahwa Mazatec dapat dengan mudah tetap berhubungan dengan orang-orang.

Apa ini `bahasa` yang telah diwariskan dari generasi ke generasi?

Ini adalah bahasa tonal, yang menyalin nada dan irama dari lidah yang diucapkan. Peluit berasal dari bibir, tanpa menggunakan jari. Dengan variasi kecepatan, timbre, dan intensitas peluit, Mazatec memiliki kemampuan untuk menyampaikan berbagai hal kepada pendengar.

Umumnya digunakan untuk percakapan singkat. Bagaimana berguna jika seseorang dari keluarga telah pergi ke toko untuk membeli sesuatu dan dia bersiul untuk menambahkan sesuatu yang ekstra ke daftar belanja.

Tapi, bagaimana Anda tahu siapa yang melakukan pembicaraan, atau bersiul? Setiap orang memiliki peluit pribadi mereka sendiri. Sama seperti suara yang agak unik, begitu juga peluit. Dan, meskipun para wanita Mazatec mungkin memahami bahasa peluit, bahkan mungkin menggunakannya dalam keluarganya, dia tidak akan menggunakannya untuk berkomunikasi di luar keluarga, terutama dengan pria lain.

Bahasa siulan tidak terbatas hanya di Oaxaca, Meksiko, bagian dari dunia. Bahkan itu telah ditemukan di tempat-tempat seperti Kepulauan Canary, Cina, dan Papua Nugini, Afrika. Bahkan di desa Antia di Yunani ada yang dianggap sebagai beberapa peluit yang tersisa, meskipun pada satu waktu digunakan secara luas di desa.

Di Kepulauan Canary itu disebut Silbo Gomero. Sama seperti yang digunakan di Meksiko, bahasa adalah bentuk dialek bahasa Spanyol. Bahasa Silbo ini menggunakan lima vokal, tetapi hanya empat konsonan.

Jadi, kecerdikan berarti bahwa manusia mampu berkomunikasi jarak jauh tanpa harus selalu harus menggunakan ucapan, atau bahkan bahasa isyarat. Mazistec whistlers adalah buktinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *